Senin, 01 September 2014

Unsur-unsur Musik

Musik tercipta oleh beberapa unsur yang saling mendukung. Beberapa unsur tersebut adalah :


1. Bunyi dan Nada

 Secara akustik bunyi dihasilkan oleh getaran. Bunyi dan nada adalah unsur utama dalam musk. Bunyi adalah setiap unsur suara yang dapat digunakan dalam kegiatan musikal dalam mendukung kesatuan harmoni, sedangkan nada adalah bunyi yang memiliki frekuensi terentu secara bersusun sehingga membentuk urutan tangga nada secara sistematis.

Nada memiliki tingkat ketinggian yang berbeda-beda. Semakin tinggi kecepatan getaran, maka semakin tinggi pula tingkat ketinggian suatu bunyi atau nada. dalam kegiatan musik praktis, dikenal beberapa sistem tangga nada yang masing-masing memiliki karakteristik yang khas. Dalam praktik musikal di kehidupan sehri-hari, perbedaan sistem tangga nada ini sangat menentukan jenis dan karakter musik yang dimainkan. 

Sistem tangga nada yang dikenal di Indonesia ada 2 macam, yaitu tangga nada diatonis dan pentatonis. Sistem tangga nada pentatonis terdiri atas 5 nada bersusun, seperti yang terdapat pada sistem tangga nada karawitan Sunda dan Jawa. Adapun sistem tangga nada diatonis terdiri atas 7 nada bersusun yang sering diterapkan dalam kegiatan musik secara internasional. 

Sistem tanga nada Diatonis :



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar