Jumat, 12 September 2014

Unsur-unsur Musik

2. RITME

Ritme dapat diibaratkan sebagai denyut jantung bagi musik. Apabila musik tidak memiliki ritme yang jelas maka musik tersebut akan kabur (berantakan). Ritme adalah perulangan aksen atau hentakan berulang-ulang dalam frekuensi yang tetap. Perubahan ritme dalam sebuah komposisi musik akan menyebabkan perubahan terhadap seluruh ciptaan musik. Oleh karena itu, ritme merupakan salah satu unsur terpenting dalam musik. 



3. IRAMA

Irama adalah jalannya sebuah ciptaan musik. Irama sangat ditentukan oleh panjang pendeknya bunyi dan nada yang diciptakan serta dipengaruhi secara ketat oleh ritme. Irama dalam musik dibangun oleh rangkaian nada yang sistematis, bersusun dan membentuk frasa-frasa musik, kalimat-kalimat musik, serta tema-tema musik. Irama akan menentukan karakteristik ciptaan musik.

Pola irama pada musik memberikan perasaan ritmis tertentu pada kita karena pada hakikatnya irama adalah gerak yang menyegarkan perasaan kita dan sangat erat hubungannya dengan gerak fisik. Irama memberikan ketukan dalam musik. Apabila kita mendengarkan sebuah lagu dengan penuh perhatian dan kita rasakan dengan penuh perasaan, kita akan merasakan adanya ketukan yang teratur dan tetap.



4. HARMONI 

Harmoni adalah kesatuan yang dibangun oleh unsur-unsur nada, ritme, dan irama, serta unsur-unsur lain secara seimbang. Harmoni menyangkut gerak nada dalam lagu, hubungan sebuah nada dengan nada lainnya, serta bagaimana nada tersebut membangun kesatuan yang utuh dalam ciptaan musik. Di samping itu, harmoni juga mengatur hhubungan setiap karakterstik sumber bunyi dalam sebuah ciptaan musik sehingga kepaduan antarsumber musik tersebut menjadi lebih indah dan lebih menonjolkan pesan atau ide musikal.

Landasan harmoni ialah susunan vertikal yang biasanya terdiri atas tiga atau empat nada. Sebuah akor yang terdiri atas tiga nada, yang setiap nadanya terpisah satu sama lain oleh interval tiga (third), disebut trinada (triad). Jika dibangun di atas nada pertama maka disebut trinada tonika. Pada skala C mayor akor tonikanya tersusun dari tiga nada yang terpisah oleh interval tiga, yaitu C-E-G.



Sumber : Lks Seni Budaya untuk SMK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar